Tanjung Nagasari di Karangduwur Kebumen Memberikan Kelapangan dan Keluasan Hati Anda

Tanjung Nagasari atau bukit nogosari, merupakan satu pesona wisata alam berupa bukit atau tanjung yang menyatu bersama pantai. Ya, lokasi yang cukup indah yang berada di Kawasan karst Gombong Selatan. Kawasan yang memang memiliki sejuta keindahan. Tanjung Nagasari ini tepatnya berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen. Tempat yang sangat layak untuk dikunjungi untuk menikmati suasana dan panorama alam yang membentang. Obyek wisata ini bernama Tanjung Nagasari atau bukit nogosari. Dari puncak ketinggian lokasi bukit itu dapat dengan leluasa memandang indahnya panorama pantai selatan yang terhampar luas. Dan pemandangn khas di sebelah timur adalah pemandangan tentang berdirinya gugusan karang yang diterjang ombak yang tak lekang oleh waktu. Ya, mungking seperti itulah alam mengajari kita tentang perjuangan, tetap berdiri kokoh untuk berjuang walau kesulitan dan rintangan menerjang! tetap kuatlah dan bersemangatlah kawan!

tanjung-nagasari-bukit-nagasari-ayah-kebumen-visit-kebumen

Pemandangan khas lain di pantai ini adalah menyaksikan perahu perahu nelayan yang di parkir rapi di Pantai Manganti. Mercusuar yang berdiri kokoh di Tanjung Bata pun bisa dilihat dari sini. Masyarakat Kebumen sendiri mungkin kaget dan merasa seperti bukan di Kebumen, merasa seperti bukan di kampungnya sendiri. Karena memang pemandangan alam disini sangat berbeda dengan kawasan kawasan alam di tempat lain. Anda juga boleh membawa alat teropong, meneropong jauh aktifitas kehidupan masyarakat sekitar yang sebagian besar sebagai nelayan, meneropong detail jelas aktivitas para nelayan di pantai yang berpasir putih. Pun mengabsen sejumlah perahu nelayan yang melintas dan mengarungi lautan mencari ikan dengan gagahnya meski memakai perahu kecil. Bagi anda para pencinta dunia foto foto atau fotografi banyak momentum yang bisa anda dapatkan. Di waktu senja, dari Tanjung Nagasari ini anda dapat menyaksikan matahari tenggelam dengan manisnya. Ya, indahnya sunset dipantai ini dengan berhias burung lawet yang terbang melambai menyambut datangnya malam. Maklum saja, tak jauh dari tanjung Nagasari ini terdapat sebuah Gua, masyarakat menyebutnya sebagai Gua Nagasari. Gua bertempatnya puluhan ribu burung Lawet. Dan yang tak kalah menariknya, anda bisa ikut menyaksikan proses pengunduhan sarang burung lawet di Gua ini. Pengalaman berwisata yang sangat menarik yang begitu sayang untuk anda lewatkan!. Proses pengunduhan biasanya dilakukan sebanyak empat kali dalam satu tahun. Masyarakat sekitar menyebutnya dalam Mangsa kapitu yaitu sekitar bulan Januari, kemudian Mangsa Kasanga yakni disekitar bulan Maret, kemudian Mangsa Karo di bulan Agustus dan Mangsa kapat disekitar bulan Oktober. Meski tidak mudah untuk mencapai lokasi yang berjarak 3 km dari desa Karangduwur tersebut, sulit untuk melaluinya dengan kendaraan bermotor, sebagian besar masyarakatnya dengan berjalan kaki. Namun pengalaman, edukasi dan pemandangan yang disajikan akan membekas dan menjadi pengalaman istimewa anda.

Untuk mencapai obyek wisata Tanjung Nagasari atau bukit nogosari ini adalah dengan melalui jalan setapak sebelum loket pintu masuk pantai Menganti. Ambillah jalan ke kanan menyusuri jalan setapak menuju Tanjung Nagasari, lurus jalan terus hingga anda mendapati Gazebo berwarna putih. Ya, disitulah letaknya Tanjung Nagasari atau bukit nogosari. Tempat ini secara resmi belum menjadi obyek wisata pemerintah, seperti halnya Pantai Menganti, pantai Karangagung, pantai Karang Pengantin, pantai Surumanis dan juga Pantai Pecaron. Masyarakatlah sekitar obyek lah yang secara independen mengembangkan pesona wisata desa mereka! mari kita dukung langkah perjuangan mereka! salam wisata, salam adventure untuk anda para pencinta traveller! VisitKebumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: