Pantai Wedi Putih, Padunya Pasir Putih Bukit Gua Air Terjun dan Ombak di Pantai Wedi Putih Argopeni Kebumen

Pantai Wedi Putih atau Pantai Pasir Putih di desa Argopeni kecamatan Ayah kabupaten Kebumen adalah Pantai dengan paduan Bukit, Batu Karang, Ombak pantai, Pasir Putih, Gua, Air Terjun juga Curug. Paduan ini menjadikannya sangat istimewa dan wajib anda kunjungi! Pantai Wedi Putih di Kebumen masih terdengar asing bagi banyak orang. Wajar saja, Pantai Wedi Putih atau Pantai Pasir Putih yang berada di Desa Argopeni Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen ini terletak di tengah hutan jati. Tak banyak orang yang tau keberadaan pantai ini, biasanya hanya para pemancing yang sering berkunjung ke pantai ini. Pantai Wedi Putih atau Pantai Pasir Putih memang menjadi favorit bagi para pemancing untuk berburu ikan. Pantai Wedi Putih Atau Pantai Pasir Putih letaknya di desa Argopeni kecamatan Ayah kabupaten Kebumen. Dengan jarak sekitar 46 km sebelah barat daya kabupaten Kebumen. Kecamatan Ayah memang memiliki kondisi geografis yang istimewa, berupa rangkaian perbukitan karts Gombong. Ketinggian rata rata desa di kecamatan Ayah adalah 355 dpl. dengan puncak tertinggi ada di Bukit Duwur dengan 452 dpl yang berada di desa Watukelir dengan berbatasan dengan kecamatan Buayan.

 

Untuk mengunjungi pantai ini, kita harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak membelah hutan jati. Dari kawasan bukit Wanalela, kita bisa berjalan kaki sekitar 30 menit. Ditengah perjalanan, pengunjung akan sesekali menjumpai masyarakat yang mencari kayu bakar, jangan sungkan untuk menyapanya! atau minta petunjuk arah untuk menuju pantai ini. Bagi pengunjung dari luar daerah atau masyarakat kebumen sendiri, pengunjung bisa memulainya dari Alun alun Kebumen. Dari Alun Alun Kebumen ke selatan melewati rute Soka Baru, Kemudian berlanjut ke Petanahan. dari Petanahan lanjut ke barat melewati kecamatan Puring kemudian Karangbolong. Dari sini, terus saja melewati jalan menanjak ke arah barat sampai di di pertigaan Menganti, ambil rute kanan ke Arah Logending. Dari sini, tanyalah dimana desa Argopeni, Ayah. Disini ada pantai indah yang lagi trending, ialah Pantai Karang Agung, Kebumen. Titipkan kendaraan anda disini, penitipin sepeda motor di samping warung pada jalan masuk ke Pantai Karang Agung. Dari sini, tracking dimulai. Sebelum memulai perjalanan, pastikan Pengunjung membawa perbekalan yang cukup hingga pulangnya nanti, air minum, makanan ringan, kue atau kopi favorit anda, Pastikan anda membawanya! Sekitar 1,5 km perjalanan tracking menuju pantai Pasir Putih atau pantai Wedi Putih. Sekitar 300 meter berjalan dari penitipan, Pengunjung akan menemukan pertigaan setapak. Jalur kiri menuju Pantai Karang Agung, sedang jalur kanan menuju Pantai Wedi Putih atau Pantai Pasir Putih.

 

Sepanjang tracking ini, Pengunjung akan menemukan banyak keindahan pantai dengan udara yang sangat sejuk dan segar. Pemandangan pantai Karang Agung yang disebelah pun terlihat dari rute tracking menuju Pantai Wedi putih atau Pantai Pasir Putih. Indah sekali melihat pantai Karang Agung dari sisi atas. semua wilayah dapat dijangkau oleh mata dengan baiknya. Dari sini pula Pengunjung bisa menemukan pemandangan Pantai Pedalen dari atas yang tak kalah indahnya pula. berjalanlah terus hingga anda menjumpai karang karang besar di pantai. Dibalik karang karang inilah pantai Wedi Putih atau Pantai Pasir Putih berada!. Anda akan menemukan jalan untuk turun dari bukit ini, berhati hatilah. Ketika perjalanan menuruni bukit dari karang karang besar ini, Anda akan menemukan air terjun yang manis dengan suara khas gemericik air yang mengalir melewati curug dibawahnya kemudian menembus celah bebatuan karang yang menuju pantai Wedi Putih. Congrat! anda sudah sampai di Pantai Pasir Putih Kebumen. Pantai ini begitu manis indah dan lain dari pantai pantai di Kebumen seperti Pantai Menganti, Pantai Pecaron, Pantai Surumanis, Pantai Karang Agung, Pantai Lampon dan lain-lain, kalau dilihat pantai ini mirip dengan pantai Watu Kranjang yang cuma dibedakan dengan karang berlubang dengan pantai Wedi Putih. Di pantai ini juga terdapat gua/ cerukan dalam bukit dibelakang air terjun yang berisi stalaktit yang masih meneteskan air, mampirlah dan rasakan pemandangan dan hiruplah udara segar disana.

 

Sepi dan sepi dari manusia pantai ini, yang ada hanyalah keramaian suasana petualangan Pantai Wedi Putih atau Pasir Putih Kebumen ini. Suara ombak yang menggempur batu karang besar di tepi pantai, udara segar yang sehat, suasana yang nyaman dari keramaian kota dan kenakalan manusianya, keheningan pantai yang penuh wibawa, anda akan menemukan siapa diri anda disini! Pantai Wedi Putih atau pantai pasir putih ini bukanlah pantai yang panjang, hanya sekitar 100 meter panjang pantai wedi putih atau pasir putih ini. Gugusan batu karang besar dan batu hitam menambah elok pantai ini. Tampak pula sebuah batu karang besar yang berlubang dengan air laut menyusup ke dalamnya. Di tengah gugusan batu karang, terlihat air terjun setinggi empat meter. Namun, dimusim kemarau air terjun ini kering. Tepat di bawah air terjun ini terdapat sebuah goa yang dinamakan goa wedi putih. Ya, Suasana sepi dan pantai yang bersih, sangat cocok untuk kita menenangkan diri sambil menikmati deburan ombak khas pantai Wedi Putih.

 

Jangan ketinggalan apalagi kelupaan kamera anda, abadikanlah momen perjalanan tracking anda dan keindahan panorama pantai Wedi Putih atau Pantai Pasir Putih ini. Kami pastikan, Anda Pengunjung akan selalu ingin segera kembali berkunjung ke Pantai ini!. VisitKebumen, visit kebumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: