Pantai Pedalen Menjadi Saksi Denyut Nadi Semangat Nelayan Kebumen

Pantai Pedalen ada di daerah Argopeni, kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Pantai ini berciri khas dengan ombaknya yang tenang, berbeda dengan pantai lain di kabupaten Kebumen. Pantai ini menjadi tambatan ekonomi masyarakat sekitar pantai. Masyarakat nelayan menjadi ciri khas di desa Argopeni, Ayah ini. Pantai yang berhiaskan perahu perahu nelayan yang bersandar, bersolekkan aktifitas nelayan yang melaut, dan Tempat Pelelangan Ikan atau TPI Pedalen yang tidak jauh dari pantai semakin menyemarakkan pesona pantai ini. Kesempatan untuk berburu ikan yang bergizi tinggi dengan harga sangat miring alias murah menjadi kesempatan tersendiri sebagai oleh oleh pulang anda. Pantai ini bukanlah daerah wisata, tetapi anda pengunjung sekalian pecinta travelling boleh bebas berkunjung ke tempat ini. Menikmati sajian khas panorama yang asik, melihat lebih dekat masyarakat Nelayan, berburu ikan hasil nelayan di TPI Pedalen, atau sekedar jalan jalan menimati keindahan Kawasan Karst Gombong Selatan tak ada habisnya. dapat dijumpai dan ditelusuri oleh siapapun kapanpun dia mau. Di setiap lekuk pantai dan teluknya selalu menyajikan keindahan.

pantai-pedalen-argopeni-ayah-kebumen-visit-kebumen1

pantai-pedalen-argopeni-ayah-kebumen-visit-kebumen2

Menyandang status sebagai pantainya nelayan dan bukan sebagai destinasi wisata, Pantai ini memiliki keindahan tersendiri. Hiasan perahu nelayan berjajar rapi di bibir pantai. Anda pengunjung akan dengan jelas melihat kehidupan nelayan, cara mereka melaut untuk mencari ikan, melihat semangat dan gairah hidup masyarakatnya, ramahnya para nelayan ini, semakin menambah wawasan dan pengetahuan kita.

Pantai Pedalen ini ada di teluk sempit yang berpagar karang dan bebatuan. Pohon pohon berbaris rapi, berundak, mendekap, teduh dan elok hingga puncak bukit Karst Gombong Selatan. Pantai Pedalen yang berhamparkan pasir berwarna kecoklatan bercampur batu kerikil kecil membuat pantai ini manis dan enak dipandang. lebih lebih Pantai Pedalen ini memiliki warna air laut yang cenderung hijau pirus atau tosca. Namun, para nelayan dan Pengunjung patut mewaspadai gugusan karang disekitar pantai. Mungkin bagi nelayan, mereka sudah hapal sebelah mana karang karang tajam berada, tidak bagi anda yang baru berkunjung atau ingin jalan jalan bebas disana. Ritme perjalanan hilir mudik perahu menjadi pemandangan lumrah yang dijumpai di Pantai Pedalen. Dengan posisi pantai yang menghadap ke barat membuat Pantai Pedalen menjadi salah satu pantai dengan pemandangan Sunset terbaik di Kebumen. Pastikan anda menikmati sajian khas ini.

Sebagai catatan anda sang petualang, rute terbaik ke pantai Pedalen adalah melalui jalur atau jalan yang sama dengan jalur pantai pasir. Dari arah Kebumen melewati pantai Petanahan, kemudian melewati pantai Suwuk, terus ke arah barat masuk jalan pegunungan kapur mengikuti jalur jalan yang berkelok kelok tapi lurus. Lanjutkan saja perjalanan anda ke barat mencari pantai pedalen, bukan mencari kitab suci! Dan jangan sungkan untuk bertanya ke warga sekitar, jangan ragu pula, masyarakat kebumen sangat menjunjung tinggi nilai nilai manusia. Mereka sangat baik dan sopan. Sedangkan jika anda dari kota Gombong maka anda akan melewati wisata Goa Petruk kemudian Goa Jatijajar kemudian ke pantai Ayah atau Logending. dari pantai logending, 30 menit kemudian sampai ke pantai Pedalen. Dalam satu jalur, anda akan melewati banyak sekali obyek wisata yang sudah disebutkan. Dan sebagaia tambahan catatan, pantai ini belum memiliki plang atau tanda arah menuju lokasi pantai pedalen. Selamat berpetualang sobat muda! VisitKebumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: