Pantai Laguna Lembupurwo Bak Aquarium Berhias Pohon Cemara dan Hutan Mangrove

ALT="Pantai laguna lembupurwo mirit kebumen / 2016"

Pantai Laguna atau pantai lembupurwo berada di desa lembupurwo kecamatan Mirit kabupaten Kebumen. Pantai yang terletak di timur laut kota kebumen, berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo di sebelah timur dan Samudera Hindia di selatannya. Pantai Laguna Lembupurwo ini sangat mudah untuk diakses karena sangat dekat dari jalur selatan pulau Jawa, atau jalan Daendels yang menghubungkan Bantul, Kulon Progo, Wates, Purworejo, Kebumen hingga Cilacap. Jalan ini sudah mulus dan begitu lebar, namun sekarang jalan ini sedang dalam proses perbaikan. Jalur lintas selatan yang sedang diperbaiki untuk menyambut adanya pembangunan bandara udara baru di Kulonprogo. Menurut berbagai sumber, bulan Pebruari bandara baru di kulonprogo akan mulai dibangun, sehingga akses menuju berbagai kota seperti Purworejo, Banjarnegara, Kebumen, Cilacap dan kabupaten lain di Jawa Tengah akan semakin baik. Kebumen memang kota kecil di jawa tengah, berada di selatan pulau Jawa, berdekatan dengan Yogyakarta, Purworejo dan Cilacap. Para traveller lebih mengenal Yogyakarta daripada Kebumen, selain dengan keistimewaannya kota Yogyakarta itu sendiri. Namun, dari sisi wisata alamnya, kebumen tak kalah dari kota Yogyakarta. Awalnya, kota Kebumen hanya sebagai akses lewat para traveller yang melancong dari Pulau Jawa dari bagian barat ke timur. Perlahan, para traveller pasti akan singgah ke Kebumen lebih dulu untuk mengekspolore destinasi wisata alam yang ada di kebumen. Ya, visit Kebumen!. Dan ternyata, faktanya memang Kota Kebumen memiliki destinasi wisata yang begitu indah untuk dikunjungi dan sayang sekali untuk dilewatkan.

<script async src=”//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
<!– visitkebumen –>
<ins class=”adsbygoogle”
style=”display:block”
data-ad-client=”ca-pub-6783916558991905″
data-ad-slot=”7127890675″
data-ad-format=”auto”></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

 

Pantai yang bernama Pantai Lembupurwo ini merupakan bagian dari gugusan pantai selatan. Layaknya sebuah pantai selatan yang berciri khas ombak yang besar, luas dan ganas, pantai ini masih sangat alami dan begitu natural, tidak banyak dijumpai bangunan yang berdiri berebutan di dekatnya. Beberapa tahun yang lalu, pantai ini terlalu diekplorasi secara berlebih dan gencar dilakukan, bukan di eksplore wisatanya melainkan Sumber Daya Alam yang dikuras. Pantai yang pernah dijadikan latihan militer TNI hingga pantai yang pernah dikuras material besinya yang terkandung didalam butiran pasirnya. Kini, Mereka tergugah akan pentingnya pantai ini bagi masyarakat, mereka sadar akan pentingnya stabiitas ekosistem, mereka sadar akan harmoni dalam kehidupan. Masyarakat secara padu dan bergotong royong dengan dibantu para akademisi UGM bereksperimen untuk menghijaukan kawasan Laguna ini. Hutan mangrove seperti di Ayah dan rerimbunan pohon cemaralah hasilnya. Kini, hasilnya mulai nampak dirasakan oleh masyarakat, pantai ini dijaga dan dipelihara oleh masyarakat secara bersama sama dan bergotong royong dengan rasa kepedulian. Ya, salah satu sifat orang jawa yang begitu luhur dan harus diteladani. Anda harus menyaksikan langsung wujud kepedulian ini di Laguna Lembupurwo atau Pantai Lembupurwo.

pantai-laguna-lembupurwo-mirit-kebumen-visit-kebumen2

ALT="Pantai laguna lembupurwo, 354 KB"

ALT="Pantai laguna lembupurwo, 354 KB"

ALT="Pantai laguna lembupurwo mirit kebumen / 2016"

ALT="Pantai laguna lembupurwo mirit kebumen / 2016"

ALT="Pantai laguna lembupurwo mirit kebumen / 2016"

ALT="Pantai laguna lembupurwo mirit kebumen / 2016"

ALT="Pantai laguna lembupurwo mirit kebumen / 2016"

ALT="Pantai laguna lembupurwo mirit kebumen / 2016"

ALT="Pantai laguna lembupurwo mirit kebumen / 2016"

Pemandangan yang unik dari pantai inilah yang menjadikan pantai ini berbeda dengan pantai yang lain. Pertama, dari area parkir Anda pengunjung akan melewati perkebunan perkebunan milik warga sekitar yang berwarna khas hijau dedaunan dengan dihiasi ornament ornament berwarna merah dari buahnya. Kemudian, setelah melalui perkebunan, pengunjung akan melewati gundukan gundukan pasir yang membentang seperti di gurun pasir sahara, bedanya adalah dihamparan gundukan pasir yang masih aktif ini udaranya masih segar. Hamparan gundukan pasir yang bertekstur alami seperti layaknya lapangan golf ini sangat langka ditemukan, katanya hanya ada tiga di dunia, dan salah satunya ada di Lembupurwo Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen ini. Jika anda melewatinya di pagi atau sore hari, pemandangan yang tampak seperti kolam air diantara tumbuhan dan pepohonan akan memanjakan mata anda. Kemudian, tak begitu lama anda akan sampai di Laguna Lembupurwo di Pantai Lembupurwo ini, laguna yang terbentuk secara alami karena air laut selatan yang mengalami pasang hingga terjebak disebelah utara pantai. Laguna ini begitu luas, dengan hiasan alam berupa rimbunnya pohon cemara dan hijaunya hutan mangrove di sekitar Laguna Lembupurwo atau Pantai Lembupurwo serta berhiaskan ikan-ikan kecil laut, udang dan beberapa aneka jenis kerang yang menghiasi bawah air laguna Lembupurwo ini menjadikannya seperti aquarium terbuka, aquarium yang terbentuk oleh alam. Kedalaman laguna Lembupurwo ini tidak terlalu begitu dalam, sehingga tempat ini bisa menjadi tempat bermain air atau berwisata air di aquarium terbuka. Pegunjung bisa berenang disini menikmati indahnya suasana laguna, pantai, hutan mangrove dan rimbunna cemara.

Tidak jauh dari Laguna Lembupurwo ini, pengunjung masih akan melewati rerimbunan pohon cemara dan hutan mangrove yang teduh. Untuk melewatinya, pengunjung bisa memilih dengan menggunakan wahana Flying Fox dengan menyeberangi laguna dan hutan cemara atau dengan berjalan melewati jembatan bambu sembari menikmati pemandangan tanaman mangrove. hingga anda akan disambut dengan hamparan pasir hitam bersih yang berkilauan memanjang dari ujung barat hingga ujung timur. Biasanya, pantai ini ramai penuh sesak pengunjung disaat hari libur, baik libur sekolah maupun saat libur nasional, apalagi saat libur Hari Raya, dapat dipastikan pantai ini akan padat pengunjung baik pengunjung dari wilayah kecamatan Mirit, Ambal, atau dari warga Kebumen maupun masyarakat kabupaten Purworejo atau Kabupaten Cilacap. Pantai Lembupurwo ini masih bercirikan aroma khas tradisional, anda akan banyak menjumpai Gubug gubug yang digunakan oleh penjaja makanan khas Pantai Lembupurwo dari masyarakat sekitar. Ya, Pengunjung akan berkesempatan mencicipi kuliner khas masyarakat pantai selatan. Tempe mendoan yang anget dan keripik Undur-undur yang bahan dasarnya binatang sejenis crustacea, rasanya agak mirip udang akan banyak anda temukan disini. Ketika anda di pantainya, anda juga akan dengan mudah mendapatkan binatang ini, caranya anda cukup berdiri dibibir pantai, dan begitu air menerjang bibir pantai masukkanlah tangan anda kedalam pasir yang anda injak, dapat dipastikan anda akan mendapatkan Undur undur khas ini.

Dipantai Lembupurwo atau di Laguna Lembupurwo ini selain bisa menikmati air laguna dengan berenang, atau menaiki kapal dan menikmati hiasan aquarium terbuka, menikmati sejuknya udara dan pemandangan rimbunnya pepohonan cemara dan hutan mangrove, pengunjung juga bisa bebas bermain layang-layang di kawasan ini karena memang luasnya pantai ini, pengunjung bisa memancing dipantai ini, berselancar pasir atau sandboarding di gumuk pasir juga bikecross dengan motor trail dan pengunjung juga dapat bermain bola maupun volley pantai bersama kawan kerabat anda ataupun sekedar membangun istana pasir sambil menikmati indahnya sunset bersama keluarga anda maupun bersama pujaan hati anda di Laguna Lembupurwo.

Rute terbaik untuk menuju pantai ini begitu mudah, jika naik kendaraan umum bisa naik Kopada berwarna kuning dari terminal Prembun melewati Gentan kemudian lurus keselatan. hingga anda melewati jalan Daendels atau jalan lintas selatan dengan cukup hanya membayar sekitar 5 ribu rupiah. Turun hingga di pool akhirnya, kemudian menuju ke perempatan dekat balai desa Lembupurwo baru dilanjutkan jalan kaki ataupun naik ojek ke arah selatan. Jika anda berniat untuk bermalam di Kebumen, Pengunjung bisa mendapatkannya di Kota Kebumen. Visit Kebumen!

2 thoughts on “Pantai Laguna Lembupurwo Bak Aquarium Berhias Pohon Cemara dan Hutan Mangrove

  1. slamet says:

    untuk congkok bpk Sunar salam kenal , walau dulu uda perna kenal sy anak Ahmad samsi yg pertama. sy teman main bpk polisi Slamet Riayadi , hampir 35 thn tidak ketemu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: