Curug Ganden Pujotirto Karangsambung Yang Kalem nan Keren

41_big




Visitkebumen – Keindahan alam Kebumen tak usah diragukan lagi. Beragam destinasi wisata yang terdapat di Kabupaten Kebumen sangat disayangkan untuk dilewatkan jika anda berkunjung ke Kebumen. Mulai dari Pantainya yang elok, perbukitannya yang indah, hingga Air Terjun yang mempesona akan anda temui di Kebumen.

Mengeksplorasi wisata alam di Kebumen tak lengkap jika tidak mengunjungi air terjun atau curug yang banyak terdapat di beberapa desa di Kebumen, terutama air terjun yang tersembunyi dan belum banyak diketahui oleh masyarakat. Salah satu air terjun yang dapat anda kunjungi adalah Curug Ganden. Nama Curug Ganden berasal dari nama sebuah batu besar yang berada di atas air terjun yang jika dilihat dari posisinya seolah hendak jatuh dan menggelinding ke bawah.


Curug Ganden tidak seperti kebanyakan curug yang umumnya dikenal dengan air yang tumpah dari atas. Melainkan terjun tak beraturan mengikuti celah berlekuk-lekuk yang terbentuk di atas bebatuan lebar yang bertingkat-tingkat. Anda dapat duduk di atas bebatuan dan merasakan kesegaran air terjun dan menikmati keindahan alam di sekitar air terjun yang masih asri. Tapi jika anda sudah berada di tingkatan paling bawah, sangat tidak disarankan untuk menceburkan diri ke dalam kolam air terjun dikarenakan limbah dari pengolahan Jenitri dan limbah rumah tangga warga setempat membuat air dari aliran Curug Ganden sedikit keruh.

Curug Ganden berada di desa Pujotirto Kecamatan Karangsambung, kabupaten Kebumen, tepatnya di sebelah utara Kebumen di dusun Kalipuru. Desa Pujotirto sendiri merupakan sentra penghasil Jenitri di Kebumen dan berbatasan dengan Alian dan Wadaslintang. Curug Ganden dapat ditempuh dengan berkendara sejauh 20 km ke arah timur laut Kebumen. Rute yang dapat anda tempuh yaitu melewati Krakal di Kecamatan Alian. VisitKebumen!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: